Urgensi Memilah Fakta Dan Hoax Terkait Vaksinasi Demi Mempercepat Proses Pemulihan Kesehatan Nasional

 

Sekarang ini, Indonesia sedang menggalakan proses vaksinasi berskala nasional. Setiap harinya akan ada ribuan vaksin yang disebar keseluruh pelosok Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin secara gratis dan prosesnya tidak dipungut biaya sepeserpun. Semua itu dilakukan guna mempercepat proses pemulihan kesehatan masyarakat Indonesia agar dapat bertahan melawan penyebaran Covid-19.

Walaupun penggalakan pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan, tapi masih banyak orang yang belum percaya tentang keefektifan vaksin didalam pencegahan paparan virus yang mematikan ini. Disisi lain, masih banyak orang juga yang termakan akan berita-berita hoax terkait vaksin yang beredar di sosial media.

Hoax tentang vaksin itu sangatlah banyak. Salah satunya yakni ada beberapa orang yang percaya bahwa vaksin yang diberikan itu dapat membuat orang meninggal. Nyatanya hal itu salah. Walaupun kita tahu bahwa vaksin ini memiliki efek samping, tapi efek samping yang terjadi tidak akan sampai membuat orang meninggal. Karena sebelum proses vaksinasi, petugas vaksinasi akan mengecek kesehatan kita terlebih dahulu agar orang yang divaksin itu benar-benar sehat dan tidak sedang mengalami penyakit yang beresiko tinggi terhadap efek vaksin tersebut.

selain itu, banyak orang yang berfikir bahwa vaksin itu tidak ada gunanya, karena mereka melihat bahwa sebagian orang yang sudah divaksin masih dapat terpapar covid-19. Memang nyatanya vaksin itu tidak membuat kita 100 % kebal dari Covid-19. Tapi pemberian vaksin itu bertujuan untuk mengurangi resiko dari paparan virus tersebut. Kita tahu bahwa vaksin itu berisi gen Covid-19 yang sudah dilemahkan. Berarti, ketika kita divaksin maka tubuh kita akan mrmcoba mengenali virus yang sudah dilemahkan tadi. Setelah itu, tubuh kita akan membunuh virus yang lemah sehingga sekarang tubuh kita sudah dapat mengenali virus Covid-19 ini. Andai saja, suatu saat nanti kita terpapar Covid-19, maka dampak paparan virus ini tidak akan membuat tubuh kita menjadi sangat lemah karena diawal tadi, tubuh kita sudah mengenali virus ini dan segera membunuh virus yang baru datang tersebut.

contoh-contoh tadi merupakan sebuah gambaran kecil tentang bagaimana hoax tentang vaksin menjadi penghambat proses vaksinasi di seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti proses vaksinasi, karena hal ini merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan guna mempercepat proses pemulihan pasca pandemi.

 

Nuzul (KKNRDR77Kel66)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan